Welcome to my Blog thanks for you visit

Halaman

Jumat, 12 November 2010

DASAR PENGERTIAN KOMPUTER




ARSITEKTUR KOMPUTER

Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.

PEMROSESAN PUSAT
Unit Pengolah Pusat atau yang biasa kita kenal dengan Central Processing Unit atau CPU merupakan perangkat keras komputer yang memahami dan memproses suatu perintah dari perangkat lunak. Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu. Microprocessortersebut berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan Integrated Circuit. IC merupakan komponen dasar yang terdiri dari resistor dan transistor yang dipergunakan sebagai otak perangkat logika untuk mengimplementasikan fungsi logika.
Dasar Unit System
• Sistem binary : unit dasar komputasi yang hanya berisi angka 0 dan 1
• Bits Paritas : Digunakan dalam modem & komunikasi untuk memverifikasi kebenaran
• Bahasa Mesin : Sebuah bahasa pemrograman biner-jenis dibangun ke CPU yang dijalankan langsung oleh computer
• Penerjemah Bahasa : Sistem program mengkonversi instruksi pemrograman untuk Anda ke dalam bahasa mesin.
Unit Sistem Lanjutan
CPU Mainframe dan kecepatan minicomputer diukur dalam MIPS. Kecepatan supercomputer diukur dalam Flops.
• Memory chip : RAM, ROM, CMOS, Flash
• RAM : DRAM, SDRAM, SRAM, DDR-SDRAM, SIMM, DIMM
• Karena itu CPU bekerja lebih cepat dari RAM dimana metode yang digunakan adalah interleaving, bursting, ipelining, superscalar Architecture, dan hyperthreading.
• Tipe port : serial port, parallel port, SCSI port, dan port USB
• Ekspansi port khusus : FireWire, MIDI, IrDA, bluetooth, ethernet
• Ekspansi bus : bus AGP dan PCI bus.
PENYIMPANAN SEKUNDER

Penyimpanan Sekunder
Sebuah penyimpanan eksternal atau sebuah alat tambahan yang terpisah dari komputer, beberapa contoh alat penyimpanan tersebut diantaranya adalah:
• Floppy dan Zip Disk berupa lempengan datar dan dapat menampung sekitar 1,44 MB. Sedangkan zip disk merupakan disket dengan lapisan magnet berkualitas tinggi, menyimpan + 100, 250, atau 750 MB.
• Hard disks, merupakan piringan kaca atau keramik yang tipis dan kaku. Semakin banyak piringan, semakin tinggi kapasitas drive
• Optical disc CD dan DVD adalah optical disk. Data ditulis dan dibaca dengan menggunakan laser
• Pita perekam suara, Pita plastik tipis dilapisi dengan bahan magnet dan dapat menampung 200 GB atau lebih.
• Smart Card, Seperti kartu kredit, tetapi berisi chip mikroprosesor dan memori.
• Flash memory, merupakan memori nonvolatile. Beberapa macam flash memory; Kartu memori flash, flash memory stick, dan memori flash drive.
• Online secondary storage, Memungkinkan untuk menyimpan, back up atau meng-upload data ke server melalui internet.Untuk itu file harus terenkripsi untuk menjaga keamanan.

PERALATAN OUTPUT
Peralatan output
Peralatan output adalah perangkat keluaran sistem komputer sebagai alat untuk melihat ataupun memperagakan hasil dari proses eksekusi yang berlangsung dalam PC. Dalam sistem PC, alat ini dihubungkan oleh rangkaian penyesuai yang disebutadapter.
Peralatan output yang umum sudah dimiliki oleh sebuah PC adalah monitor (screen) dan printer. Untuk keperluan multimedia biasanya ditambahkan dengan pengeras suara (loud speaker) dan kartu suara (sound card). Berikut ini penjelasan lebih rinci tentang beberapa peralatan outputdari sebuah Personal Computer;
Monitor
Monitor adalah perangkat yang sangat penting dalam suatu sistem komputer. Tanpa monitor pemakai tidak dapat memantau PC sedang melakukan pekerjaan apa. Monitor akan menampilkan apa saja yang sedang dilaksanakan oleh PC. Memang ada komputer tidak memerlukan monitor, seperti PC yang sudah disiapkan sebagai Server dalam sistem jaringan komputer.
Monitor dalam kerjanya memerlukan rangkaian penyesuai yang dinamakan video adapter. Untuk monitor jenis baru, biasanya dilengkapi dengan disket driver monitor agar hasil tampilannya sinkron dengan monitor yang dipakai.
PRINTER
Printer adalah peralatan outputyang dapat menghasilkan dokumen dalam bentuk cetakan ke kertas (hard copy). Printer ini juga bekerja dengan pengaturan melalui PC sesuai dengan aplikasi program.
Printer ada beberapa jenis yaitu:
• printer susunan titik (dot matriks)
• printer semprotan tinta (ink jet)
• printer sinar laser (laser jet)

Printer susunan titik (dot matriks)
Printer jenis ini mempunyai sebuah kepala (head) yang berisi susunan jarum yang terbuat dari baja. Jarum ini akan menekan pita yang mengandung zat pewarna ke arah kertas yang menempel pada rol karet. Akibatnya pada kertas akan tinggal bekas karakter yang sesuai dengan karakter yang dimasukkan oleh PC.
Kualitas karakter yang dihasilkan oleh printer ini masih rendah, namun untuk program aplikasi di bawah Windows dapat menghasilkan karakter yang bagus tapi dengan kecepatan yang rendah. Faktor lain adalah printer ini mempunyai suara yang agak bising. Kelebihannya adalah bisa digunakan untuk mencetak rangkap beberapa lembar sekaligus dengan melapisi kertas karbon di antara kertas-kertas rangkap tersebut, sehingga karena kelebihannya ini printer dot matriks masih banyak dipakai di kantor-kantor tertentu.

Printer semprotan tinta (ink jet)

Printer ini mempunyai kepala cetak berupa tabung yang dipompa melalui denyutan tegangan listrik untuk mengeluarkan tintanya. Hasil cetakan printer ini cukup bagus tapi harus dibiarkan tintanya kering sebelum kertasnya disusun manjadi dokumen.
Printer ini mempunyai jenis berwarna dengan kepala berupa tiga ruangan tempat tinta warna dasar. Warna yang dihasilkan adalah warna yang dibentuk oleh campuran dari tiga warna dasar ini. Biaya operasi printer tinta lebih tinggi dari jenis printer dot matriks, tapi kualitas dan kecepatan kerjanya lebih baik.

Printer sinar laser (laser jet)

Printer jenis ini bekerja seperti mesin foto copy. Hasil cetakan yang sangat halus dan bersih. Printer laser mempunyai bahan pembuat karakter berupa serbuk. Serbuk ini disebut toner, yang sangat halus sehingga pada kertas yang sudah dicetak seakan-akan tidak ada perubahan ketebalan.
Kemudian proses cetak pada printer jenis ini menimbulkan rasa panas, untuk menekan serbuk yang sudah ditabur ke kertas sesuai dengan dokumen yang dicetak. Jika ada kertas yang belum melewati daerah pres panas, maka tinta yang terbentuk menjadi karakter pada permukaan kertas akan lepas atau hilang tertiup atau terpegang


SOFTWARE
• SISTEM OPERASI
Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.
• APLIKASI
Aplikasi Perangkat Lunak (Software)
Aplikasi software merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai yang dikehendaki,dimana program tersebut ditulis dengan program bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Adapun cara untuk mendapatkan software secara legal;
-Software komersial, hak cipta harus dibeli
-Public domain software, tidak berhak cipta dan legal untuk menyalin
-Shareware, berhak cipta, download secara gratis tapi membayar jika menggunakannya.
-Freeware, berhak cipta,tapi tersedia secara gratis
-Rentalware, berhak cipta, membayar sebagai biaya sewa.
Ada beberapa jenis lisensi Perangkat Lunak, yaitu site lisenses, concurrent-user lisenses, multiple-user lisense dan single-use lisense. Software bajakan adalah software diperoleh secara ilegal yang melanggar hak cipta. Abandonware merupakan software yang tidak lagi dijual atau didukung oleh penerbit. Mengimpor file, berarti mendapatkan data dari sumber lain dan memungkinkan untuk mengedit file dari aplikasi lain. Mengekspor file berarti transformasi data ke dalam format yang dapat digunakan oleh aplikasi yang berbeda.

Peranan peralatan input, output dan perangkat lunak dalam pemecahan masalah.
Semua alat input dan output dapat berkontribusi pada pemecahan masalah baik secara langsung dan tidak langsung. Contoh: keyboard , display, printer dan plotter (berperan langsung), source data automation device, microfilm (berperan tidak langsung).
Seperti halnya perangkat keras, perangkat lunak dapat juga berperan langsung atau tidak langsung. Contoh: sistem operasi (berperan tidak langsung), aplikasi bisnis umum dan industri (berperan tidak langsung), sebagian perangkat lunak aplikasi peningkatan produktivitas organisasi perorangan (berperan tidak langsung), spreadsheet, analisis statistik dan perkiraan, manajemen proyek (berperan langsung).

Tugas 4 Pendekatan Sistem Dalam Memecahkan Masalah dan Pembuat Keputusan

Tugas 4 Pendekatan Sistem Dalam Memecahkan Masalah dan Pembuat Keputusan

Pendekatan Sistem Dalam Memecahkan Masalah Dan Pembuat Keputusan

Pendekatan Sistem
Merupakan Serangkaian langkah-langkah pemecahan masalah yang memastikan bahwa masalah dipahami, solusi alternative dipertimbangkan dan solusi yang dipilih bekerja.
Pemahaman Dasar
Pemecahan masalah dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian
antara kondisi actual dan kondisi yang diinginkan serta kemudian
mengambil keputusan untuk mngatasi perbedaan itu. Untuk masalah
yang dinilai cukup penting apalagi mendesak diperlukan pertimbangan
waktu dan usaha dalam melakukan analisis secara cermat. Proses
pemecahan masalah dilakukan melalui tahapan berikut:
1. Mengidentifikasi dan mendifinisikan masalah
2. Menen tukan berbagai alernatif pemecahan
3. Menentukan criteria yang akan digunakan untuk mengevaluasi
berbagai alternative
4. Mengevaluasi berbagai alternative
5. Memilih alternative
6. Menerapkan alternative yang dipilih
7. Mengevaluasi hasilnya, apakah telah diperoleh pemecahanyang
memuaskan
Pembuat Keputusan
Pembuatan keputusan menggambarkan serangkaian kegiatan yang dipilih sebagai suatu penyelesaian suau masalah. Sedangkan metode yang digunakan dalam pembuatan keputusan antara lain dengan riset operasi.
Pemecahan Masalah
• Masalah : Suatu kondisi yang memiliki potensi untuk menimbulkan kerugian atau keuntungan luar biasa.
• Pemecahan Masalah : Tindakan memberi respon terhadap masalah untuk mengatasi akibat buruknya atau memanfaatkan peluang keuntungan.

Tahap Pemecahan Masalah Dengan Pendekatan Sebuah Sistem
Dalam memecahkan masalah kita berpegangan pada tiga jenis usaha yang harus dilakukan oleh manajer yaitu usaha persiapan, usaha definisi, dan usaha solusi/pemecahan.
 Usaha persiapan, mempersiapkan manajer untuk memecahkan masalah dengan menyediakan orientasi sistem.
 Usaha definisi, mencakup mengidentifikasikan masalah untuk dipecahkan dan kemudian memahaminya.
 Usaha solusi, mencakup mengidentifikasikan berbagai solusi alternatif, mengevaluasinya, memilih salah satu yang tampaknya terbaik, menerapkan solusi itu dan membuat tindak lanjutnya untuk menyakinkan bahwa masalah itu terpecahkan. Sistem informasi berbasis komputer atau CBIS dapat digunakan sebagai sistem dukungan (support systems) saat menerapkan pendekatan sistem.

Faktor Manusia Yang mempengaruhi Pemecahan Masalah
Tiap manajer memiliki gaya pemecahan masalah yang unik, gaya ini dapat mempengaruhi dalam :
1. Merasakan masalah
2. Mengumpulkan Informasi
3. Menggunakan Informasi

Tugas 3 Model Sistem Perusahaan

Model Sistem Perusahaan

Model adalah penyederhanaan (abstraction)dari sesuatu. Model mewakili sejumlah objek atau aktivitas yang disebut dengan entitas (entity). Manajer menggunakan model untuk memecahkan permasalahan.

Konsep Dasar Sistem umum perusahaan
Sebagian Sistem terbuka dapat mengendalikan operasinya sendiri, sebagian tidak. Pengendalian dicapai dengan menggunakan lingkaran umpan balik (feedback), yang menyediakan suatu jalur bagi sinyal-sinyal dari sistem ke mekanisme-mekanisme pengendalian dan dari mekanisme pengendalian kembali ke sistem.
Mekanisme pengendalian adalah sejenis alat yang menggunakan sinyal-sinyal umpan balik untuk mengevaluasi kinerja sistem dan menentukan apakah tindakan perbaikan perlu dilakukan.
Sistem Lingkaran Terbuka Suatu sistem tanpa umpan balik ataupun mekanisme pengendalian. Tidak terdapat umpan balik dari sistem untuk mempengaruhi perubahan-perubahan dalam sistem.
Sistem Lingkaran Tertutup Suatu sistem yang memiliki umpan balik dan mekanisme pengendalian. Sistem ini dapat mengendalikan output dengan membuat penyesuain pada input-nya.
Contoh dari mekanisme pengendalian adalah manajemen perusahaan.
Penggunaan Model Sistem Umum Perusahaan
Pasar Swalayan
Arus Material : barang – barang yang dijual.
Arus personil : manajer toko, pegawai gudang, kasir.
Sumber daya mesin : lemari pendingin, kotak peraga, rak-rak, dan komputer.
Arus uang : pemasukan terutama disediakan oleh pembeli dan pengeluaran kepada pemasok , pegawai dan pemilik.
Proses transformasi : pembungkusan barang, mengatur barang di rak.
Elemen manajemen sistem konseptual : manajer toko dan asisten.
Pengolah informasi : komputer dan pembaca barcode serta kasir.

tugas 2 semester 3-sistem InfoRmasi Manajemen 1

E-Commerce, electronic data interchange /EDI dan
PENDEKATAN SISTEM

Apa itu E-Commerce? E-Commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis dengan tujuan mengambil keuntungan seperti penjualan, pembelian, pelayanan, informasi, dan perdagangan melalui perantara yaitu melalui suatu jaringan computer, terutama internet.

E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis

Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.

Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:

1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan

Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:

* E-mail dan Messaging
* Content Management Systems
* Dokumen, spreadsheet, database
* Akunting dan sistem keuangan
* Informasi pengiriman dan pemesanan
* Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
* Sistem pembayaran domestik dan internasional
* Newsgroup
* On-line Shopping
* Conferencing
* Online Banking

Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal. Untuk di Indonesia, bisa dilihat tradeworld.com, bhineka.com, fastncheap.com, dll.

ertukaran Data Elektronik
Pertukaran Data Elektronik (EDI)
Adalah transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsung dari computer-ke-komputer diantara beberapa perusahaan.
Hubungan EDI yang Umum
Membentuk kaitan antara perusahaan dan pemasoknya (supply side) dan kaitan antara perusahaan dengan pelanggan (customer side)
Set transaksi adalah suatu jenis dokumen tertentu seperti faktur.
EDI memungkinkan terjadinya Pengisian Kembali Persediaan oleh Penjual dan Transfer Dana secara Elektronik
Standar EDI
Standar yang digunakan di Amerika Utara dinamakan ANSI ASC X12. Standar Internasional dinamakan EDIFACT.
Tingkat Penerapan EDI
Tiga tingkat penggunaan yang berbeda, yaitu :
1. Pemakai tingkat satu, hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
2. Pemakai tingkat dua, banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang, melampaui lini industri.
3. Pemakai tingkat tiga, bukan Cuma banyak set transaksi yang ditransmisikan ke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi computer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.
Tujuan tingkat satu dan dua adalah mengubah dokumen kertas menjadi elektronik.
Pengaruh Penerapan EDI :
- Tekanan Pesaing
- Kekuasaan yang dilaksanakan
- Kebutuhan Intern
- Dukungan manajemen puncak
Manfaat EDI
Manfaat Langsung : manfaat yang berasal dari teknologi
Manfaat Tidak Langsung adalah manfaat lain yang dihasilkan dari manfaat langsung.
Hubungan manfaat langsung dan tidak langsung :
- Mengurangi Kesalahan
- Mengurangi biaya
- Meningkatkan efisiensi operasional
- Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang
- Meningkatkan pelayanan pelanggan
Teknologi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Pilihan Teknologi :
1. Sambungan Langsung (direct connectivity), bekerja sama dengan penyedia jasa telekomunikasi
2. Jaringan Bernilai Tambah ( value-added network), jaringan ini disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
3. Internet, memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.

PENDEKATAN SISTEM
Proses pemecahan masalah secara sistematis bermula dari John Dewey, seorang
profesor filosofi di Columbia University pada awal abad ini. Dalam bukunya tahun 1910,
ia mengidentifikasi tiga seri penilaian yang terlibat dalam memecahkan masalah suatu
kontroversi secara memadai yaitu:
1. Mengenali kontroversi
2. Menimbang klaim alternatif
3. Membentuk penilaian
Kerangka kerja yang dianjurkan untuk penggunaan komputer dikenal sebagai
pendekatan sistem . Serangkaian langkah-langkah pemecahan masalah yang
memastikan bahwa masalah itu pertama-tama dipahami, solusi alternative
dipertimbangkan, dan solusi yang dipilih bekerja.

tugas Struktur & Organisasi Data 1



nama : Ali Daya
npm : 36109125
kelas : 2db07


Media Penyimpanan Data
Tempat untuk menyimpan sejumlah data dari hasil dari input disebut dengan media simpan elektronik atau dalam bahasa komputernya disebut drive. Drive ini berfungsi untuk memberikan alamat pada drive tersebut. Alamat drive terdiri dari satu karakter yang selalu diikuti tanda” :”.
Contoh :
Alamat Drive A : Berfungsi untuk menyimpan data kedalam disket (Floppy
disk).
Alamat Drive C : Berfungsi untuk menyimpan data program atau program
system kedalam harddisk.
Alamat Drive D : Sama dengan Hard disk
Alamat Drive E : Berfungsi untuk cd drive / CD ROM
Alamat Drive F : Berfungsi untuk eksternal hardware seperti Flash disk USB
Magnetic Disk
Magnetic disk merupakan piranti penyimpanan sekunder yang paling banyak dijumpai pada sistem komputer modern. Pada saat disk digunakan, motor drive berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Ada sebuah read−write head yang ditempatkan diatas permukaan piringan tersebut. Permukaan disk terbagi atas beberapa track yang masih terbagi lagi menjadi beberapa sector. Fixed−head disk memiliki satu head untuk tiap−tiap track, sedangkan Moving−head disk (atau sering
dikenal dengan nama hard disk) hanya memiliki satu head yang harus dipindah−pindahkan untuk mengakses dari satu track ke track yang lainny







Optical disk

Dalam rekaman komputasi dan optik, optik disk adalah disk, biasanya datar melingkar yang mengkodekan data biner dalam bentuk lubang-lubang (nilai biner 0 atau off, karena kurangnya refleksi ketika membaca) dan tanah (nilai biner 1 atau , karena refleksi ketika membaca) pada suatu material khusus (sering aluminium [rujukan?]) pada salah satu permukaan datar. Bahan pengkodean duduk di atas substrat yang lebih tebal (biasanya polycarbonate) yang membentuk sebagian besar dari disk dan bentuk debu lapisan defocusing. Pola pengkodean mengikuti jalan, spiral terus menerus menutupi permukaan seluruh disk dan memanjang dari jalur paling ke trek terluar. Data disimpan pada disk dengan mesin laser atau dicap, dan dapat diakses ketika jalan data diterangi dengan dioda laser dalam disc drive optik yang berputar disk dengan kecepatan sekitar 200 RPM sampai 4000 rpm atau lebih tergantung pada jenis drive, format cakram, dan jarak kepala membaca dari pusat dari disk (track batin yang dibaca pada kecepatan disk lebih cepat). Lubang atau gundukan mendistorsi sinar laser direfleksikan, maka sebagian besar disc optik (kecuali piringan hitam video game konsol PlayStation asli) khas memiliki penampilan warna-warni yang diciptakan oleh alur dari lapisan reflektif. Di bagian belakang disc optik biasanya memiliki label dicetak, umumnya terbuat dari kertas tetapi kadang-kadang dicetak atau dicap ke disk itu sendiri. Ini sisi disk berisi data aktual dan biasanya dilapisi dengan bahan transparan, biasanya lacquer. Berbeda dengan floppy disk 3 ½ inci, paling cakram optik tidak memiliki casing pelindung yang terpadu dan karena itu rentan terhadap masalah mentransfer data karena goresan, sidik jari, dan masalah lingkungan lainnya.
cakram optik biasanya antara 7,6 dan 30 cm (3 sampai 12 tahun) di diameter, dengan 12 cm (4.75 in) menjadi ukuran yang paling umum. Sebuah disk tipikal adalah sekitar 1,2 mm (0,05 di) tebal, sedangkan track pitch (jarak dari pusat satu trek ke pusat berikutnya) biasanya 1,6 pM.
Sebuah cakram optik dirancang untuk mendukung salah satu dari tiga tipe rekaman: read-only (misalnya: CD dan CD-ROM), merekam (write-sekali, misalnya CD-R), atau direkam ulang (ditulis ulang, misalnya CD-RW) . Tulis-sekali cakram optik umumnya memiliki rekaman lapisan pewarna organik antara substrat dan lapisan reflektif. tulis-ulang disk biasanya berisi lapisan paduan perekaman terdiri dari bahan perubahan fasa, paling sering AgInSbTe, paduan perak, indium, antimon dan telurium [1].
cakram optik yang paling sering digunakan untuk menyimpan musik (misalnya untuk digunakan dalam pemutar CD), video (misalnya untuk digunakan dalam DVD player), atau data dan program untuk komputer pribadi. Optical Storage Technology Association (OSTA) mempromosikan format standar penyimpanan optik. Meskipun cakram optik lebih tahan lama dibandingkan sebelumnya format penyimpanan audio-visual dan data, mereka rentan terhadap kerusakan lingkungan dan penggunaan sehari-hari. Perpustakaan dan arsip menetapkan prosedur pelestarian media optik untuk memastikan kegunaan lanjutan di optical disc drive komputer atau pemutar disk yang sesuai.
Untuk transfer data data komputer backup dan fisik, cakram optik seperti CD dan DVD secara bertahap digantikan dengan lebih cepat, kecil, dan lebih handal perangkat solid state, terutama flash drive USB. Tren ini diperkirakan akan terus berlanjut sebagai USB flash drive terus meningkatkan kapasitas dan penurunan harga.Demikian pula, CD player portabel pribadi telah digantikan oleh MP3 player portabel solid state, dan musik MP3 dibeli atau berbagi melalui internet secara signifikan telah mengurangi jumlah CD audio yang dijual setiap tahun.














RAID
RAID, singkatan dari Redundant Array of Independent Disks merujuk kepada sebuah teknologi di dalam penyimpanan data komputer yang digunakan untuk mengimplementasikan fitur toleransi kesalahan pada media penyimpanan komputer (utamanya adalah hard disk) dengan menggunakan cara redundansi (penumpukan) data, baik itu dengan menggunakan perangkat lunak, maupun unit perangkat keras RAID terpisah. Kata "RAID" juga memiliki beberapa singkatan Redundant Array of Inexpensive Disks, Redundant Array of Independent Drives, dan juga Redundant Array of Inexpensive Drives. Teknologi ini membagi atau mereplikasi data ke dalam beberapa hard disk terpisah. RAID didesain untuk meningkatkan keandalan data dan/atau meningkatkan kinerja I/O dari hard disk.
Sejak pertama kali diperkenalkan, RAID dibagi ke dalam beberapa skema, yang disebut dengan "RAID Level". Pada awalnya, ada lima buah RAID level yang pertama kali dikonsepkan, tetapi seiring dengan waktu, level-level tersebut berevolusi, yakni dengan menggabungkan beberapa level yang berbeda dan juga mengimplementasikan beberapa level proprietary yang tidak menjadi standar RAID.
RAID menggabungkan beberapa hard disk fisik ke dalam sebuah unit logis penyimpanan, dengan menggunakan perangkat lunak atauperangkat keras khusus. Solusi perangkat keras umumnya didesain untuk mendukung penggunaan beberapa hard disk secara sekaligus, dan sistem operasi tidak perlu mengetahui bagaimana cara kerja skema RAID tersebut. Sementara itu, solusi perangkat lunak umumnya diimplementasikan di dalam level sistem operasi, dan tentu saja menjadikan beberapa hard disk menjadi sebuah kesatuan logis yang digunakan untuk melakukan penyimpanan.