Welcome to my Blog thanks for you visit

Halaman

Rabu, 10 Maret 2010

Tugas 1 Organisasi dan Manajemen

1. Organisasi dan metode memainkan oeranan yang sangat penting dalam rangka proses manajemen, karena betapa eratnya hubungan antara manajemen, organisasi dan metode, bahkan sepertinya dapat dikatakan bahwa organisasi dan metode merupakan salah satu bidang pengkhususan dari manajemen. Hal ini didapat dari arti metode dan organisasi yang dapat diuraikan sebagai berikut, Organisasi adalah proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan. Dan maksud dari pengertian di atas adalah bahwa Organisasi dan Metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya dan penting bagi kegiatan manajemen, serta dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia untuk meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan.

2. Tata kerja (Metode) adalah satu cara bagaimana agar sumber-sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula. dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, di samping itu pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya dutujukan untuk : (1). menghindari terjadinya pemborosan dalam pendayagunaan sumber-sumber dan waktu yang tersedia. (2). Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan. (3). Menjamin adanya pembaguan kerja, waktu, dan koordinasi yang tepat. Jadi hubungan antara manajemen dan tata kerja dapat dilukiskan seperti di bawah ini:
Manajemen : Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-
sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang diperlukan untuk
pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
Tata Kerja : Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai
dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.

3. Eratnya hubungan antara Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja, disebabkan :
a. Manajemen : Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
b. Organisasi : Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja
sama.
c. Tata Kerja : Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut harus
dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.

4. Skema Hubungan Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja


Manajemen / Proses kegiatan pencapaian tujuan yang melalui Kerja Sama antar Manusia (Organisasi) yang merupakan alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat pemnelompokan kerja sama. pola tersebut harus dilaksanakan sesuai dengan rencana dan mempunyai Tata Kerja sehingga dapat mencapai Tujuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar